Blog

Susah Nulis? Ikuti Mentoring Menulis ala Wikimu !

Teman-teman,

Wikimu.com hendak mengadakan kegiatan baru untuk meningkatkan kemampuan tulis menulis bagi anggota Wikimu. Bentuknya adalah sebuah mentoring singkat, dalam menulis tema tertentu. Mengingat kesibukan masing-masing, maka kegiatan ini dilakukan 100% lewat online.

Mentoring Menulis via Online ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan. Dan ini bukanlah pelatihan, namun sifatnya lebih sharing pengalaman dari penulis/mentor yang sudah mempunyai 'jam terbang' menulis tema tertentu. Diharapkan dengan adanya sharing dan diskusi lebih intensif, teman-teman yang mengikuti mentoring menulis ini akan mendapat hal-hal baru dan inspiratif untuk menulis yang lebih baik.

Ada beberapa tema mentoring yang ditawarkan :

  • Menulis Kegiatan Seni, mentor : Retty N Hakim

  • Menulis Topik Pemilu, mentor : Yulius Haflan dan Bayu Wardhana

  • Menulis Wisata Kuliner, mentor : Phil Lea dan Yusuf Iskandar

  • Menulis Wisata Jalan-jalan/Tamasya, mentor : Yusuf Iskandar dan Wisnuhardana

  • Menulis Topik Lingkungan, mentor : Wisnuhardana dan Edy Hendras W

Kelima tema di atas, digelar antara pertengahan Desember 2008 sampai pertengahan Januari 2009. Lalu tema yang lain:

Menulis Topik Kesehatan, mentor : Lita Mariana

  • Menulis Sains/Iptek, mentor : Ony Suryaman

  • Menulis Konflik Multikultur, mentor : Bayu Wardhana

Ketiga tema di atas dilakukan awal sampai akhir Januari 2009.

Gambaran kegiatannya adalah, satu mentor akan membantu maksimal 10 orang. Di awal, mentor akan mengirimkan makalah/tulisan singkat mengenai tips menulis tema yang diampu. Lalu peserta diharapkan menulis satu artikel (baru, bukan daur ulang) tentang tema tersebut dan ditayangkan di Wikimu.com. Mentor akan memberikan feedback/masukan/kritik kepada penulis via milis khusus (sesuai tema).

Lalu setiap peserta mendapat kesempatan memperbaiki tulisan dengan membuat topik yang berbeda dan diposting di Wikimu.com. Untuk kedua kalinya, mentor akan memberikan feedback/masukan/kritik pada tulisan kedua. Lalu proses mentoring selesai. Milis khusus tema tertentu pun akan dibubarkan / delete oleh admin Wikimu.com.

Kenapa lewat milis? Alasan pertama, agar masukan dari mentor lebih terbatas. Karena tidak semua orang suka dikritik di depan umum, seperti di web/situs atau milis terbuka. Kedua, meskipun terbatas, diharapkan lewat milis, peserta yang lain pun bisa belajar dari masukan-masukan yang ada, dan syukur-syukur terjadi diskusi antar peserta.

Semua proses ini diharapkan selesai selama kurang lebih satu bulan. Bila ada peserta dalam satu bulan tersebut menulis satu artikel, tentu hanya mendapat satu kali feedback saja. Begitu sebaliknya, dalam satu bulan, seorang peserta bisa membuat lebih dari 2 (3,4 artikel), maka mentor hanya akan memberi masukan di 2 artikel pertama.

Syarat dan aturan :

  1. Peserta mentoring adalah anggota Wikimu.com.

  2. Anggota Wikimu.com memilih tema (maupun mentornya, bila tersedia lebih dari satu). Disarankan anggota tidak memilih lebih dari 3 tema, demi kebaikan anggota sendiri agar lebih intens dalam mentoring.

  3. Setelah memilih, lalu mendaftar via email ke : info@wikimu.com . Maaf, hanya yang mendaftar ke email yang kami perhitungkan. Pendaftaran via sms atau menulis di kolom komentar tidak kami hitung.

  4. Untuk mengikuti mentoring ini, anggota Wikimu dikenakan biaya Rp 50.000,00 / tema, sebagai bentuk apresiasi pada para mentor. Setelah mendaftar via email info@wikimu.com , kami akan kirimkan no rekening untuk transfer. Peserta yang kami terima di setiap tema/mentor, adalah mereka yang 10 orang yang terlebih dahulu transfer.

  5. Setiap mentor, hanya akan membantu 10 anggota. Bila sebuah tema, lebih dari satu mentor dan pendaftar berlebih dari 10 orang, maka akan ditawarkan ke mentor yang lain.

  6. Pendaftaran dan transfer biaya dibuka mulai 5 Desember 2008 sampai 15 Desember 2008 (pk 24.00 WIT/23.00 WITA/22.00 WIB). Mentoring secara umum dimulai 17 Desember 2008 sampai satu bulan. Namun mulai persisnya (pengiriman makalah dari mentor), tergantung dari mentor masing-masing tema. Secara keseluruhan, diharapkan Mentoring Menulis via Online ini sudah selesai pada akhir Januari 2009.

Demikian kegiatan ini ditawarkan kepada seluruh anggota Wikimu.com. Untuk profil para mentor maupun karya-karya tulisannya, silakan liat di profil anggota Wikimu.com.

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight