Blog

Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak

Pada saat anak berusia 4 tahun, mereka sudah mulai belajar untuk menghargai diri sendiri dan memiliki kepercayaan diri yang untuk bermain dengan teman-temannya dan melakukan kegiatan baru. Pada masa ini peran orang tua sangat penting dalam membantu anak untuk terus memiliki rasa percaya dirinya sehingga dapat bersosialisasi dalam lingkungan yang berbeda.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar anak memeiliki rasa percaya diri, yaitu:

* Selalu Katakan kepada anak bahwa mereka adalah orang yang disayangi dan berguna agar hidup mereka merasa berarti.

* Memberi dukungan pada anak untuk mencoba hal baru, karena dapat mengembangkan kreatifitas dan melatih kemandiriannya

* Menghargai apa yang menjadi keinginan anak dan perlihatkan kalau orang tua benar-benar memperhatikan dan mendukung semua yang dilakukan untuk keberhasilan anak.

* Bila anak melakukan kesalahan marahlah pada sikap dan perilakunya, bukan kepada dirinya karena orang tua yang terlalu sering memarahi atau memberikan komentar yang menyudutkan akan membuat anak merasa bodoh dan dapat menghilangkan rasa percaya dirinya.

* Mengetahui perasaan emosi anak dan bantulah mereka untuk mengungkapkan dan mengatasi masalahnya, jadilah teman curhat yang menyenangkan buat mereka.

* Jangan menakuti anak dengan hal-hal sepele, karena akan membuat anak menjadi penakut dan merusak kepercayaan dirinya. Bila anak mengalami rasa takut dan tidak aman bantulah mereka mengatasinya.

* Berikan pujian atas keberhasilan anak dalam bidang apapun, karena kata-kata seperti ini dapat menyenangkan perasaan dan membangun rasa percaya diri mereka, tetapi bila anak mengalami kegagalan berikan keyakinan bahwa hal tersebut wajar dan harus diterima untuk mengembangkan kepribadiannya.

* Mendengarkan dan memperhatikan apa yang dikatakan anak, berikan dukungan dan saran positif atas apa yang ingin dilakukannya jangan selalu menolak dan menghalangi keinginan anak karena hal tersebut akan menghambat perkembangan dirinya.

* Jangan mencela anak dengan suatu perkataan yang meremehkan baik langsung atau di depan orang lain, anak akan merasa bahwa dirinya bodoh dan tidak berguna. Berikan anak kata-kata yang baik dan dukungan yang optimis agar mereka memiliki rasa percaya diri pada kemampuannya.

* Berikan contoh yang baik dalam mengatasi masalah bila orang tua menghadapi suatu keadaan yang sulit agar anak belajar bersikap positif dan optimis dalam mengatasi tantangan kehidupan.

by Mutiara Octavia

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight