Blog

Wikimu Ikut Kumkum 17-18 April, Kumpulin Sampah Yuk!

Wikimu Ikut Kumkum 17-18 April, Kumpulin Sampah Yuk! Kumkum? Boneka apakah itu? Kumkum bukanlah boneka atau sejenis makanan yang ditemukan Wikimu ketika kuliner. Tetapi Kumkum adalah singkatan dari Kumpul-kumpul (lintas komunitas), yang akan diselenggarakan menjelang Hari Bumi, yaitu pada 17-18 April 2010 di Museum Bank Mandiri, Kota Tua, Jakarta.

Jadi yang berkumpul di 2 hari tersebut adalah komunitas-komunitas dari berbagai macam. Tidak hanya komunitas yang bergerak di isu lingkungan, tetapi berbagai macam seperti Masyarakat Komik Indonesia, Mbatik Yuk, Himpunan Astronomi Amatir Jakarta, Asosiasi Ibu Menyusui, Masyarakat Bebas Bising, dll, termasuk juga komunitas Wikimu hadir.

Ada yang istimewa dari kegiatan Kumkum ini, selain kita bisa menemui beragam komunitas, yaitu independensi yang dibangun para penggiat komunitas ini, dengan tidak melibatkan sponsor-sponsor komersil dalam acara ini. Semua dilakukan dengan kerjasama antar komunitas maupun modal sosial yang lain, seperti mendapat pinjaman tempat, saling mengisi acara, menggalang dana sendiri, dll.

Keistimewaan lain, meskipun diselenggarakan dalam rangka Hari Bumi, tetapi Kumkum ini sengaja menghindari judul kegiatan yang menampilkan kata “green” , hijau atau istilah lainnya. Tetapi para penggiat komunitas ini berusaha agar penyelenggaraan acara ini benar-benar ramah lingkungan, mulai dari makanan yang dijual, penggunaan bahan-bahan pameran sampai bagaimana pengelolaan sampah.

Sedikit aku kutipkan pengantar dari siaran pers yang dikeluarkan panitia Kumkum :

Saat ini, sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas adalah hal yang biasa. Sebuah acara yang memuat berbagai kegiatan oleh beberapa komunitas juga hal yang lumrah. Sebuah acara kampanye lingkungan yang diusung oleh komunitas juga hal sangat biasa. Lalu apa yang tidak biasa dari acara komunitas yang dikenal dengan KumKum ini?

Sejak awal KumKum ini diupayakan menjadi acara komunitas yang terdiri dari berbagai komunitas lintas ‘genre’, seperti komunitas komik, literasi, hobi, pelestarian lingkungan, ibu menyusui, dll. Selain itu, sebisa mungkin acara ini diselenggarakan dengan meriah, namun dana yang amat minim tanpa sponsor dari korporasi . Sebuah hal yang terdengar ambisius, tapi menantang untuk dicoba.

Selain kedua hal di atas, ada banyak hal yang ingin ditawarkan oleh komunitas melalui acara KumKum ini, seperti upaya mengusung lokalitas, baik itu produk, makanan atau pun budaya lokal, serta mengajak para pengunjung untuk mempraktekkan langsung perilaku dengan emisi dan sampah yang minimal dalam penyelenggaraan KumKum.

Dan yang terpenting KumKum merupakan sebuah upaya untuk menghilangkan sekat antar komunitas, sehingga terbuka lebar kemungkinan kolaborasi antar komunitas untuk menciptakan sebuah perubahan yang berarti di kota.

Demikianlah tujuan dari Kumkum, dan Wikimu mendukung acara ini. Maka sangat diharapkan teman-teman Wikimu dapat hadir nantinya di 17-18 April mendatang.

O ya, dari sekarang kita bisa ikutan berpartisipasi untuk menyukseskan acara Kumkum ini. Caranya? Sumbanglah sampah kering dan barang bekas yang ada di rumah kepada panitia Kumkum. Nanti barang-barang tersebut akan didaur ulang / dijual, untuk dana penyelenggaran Kumkum ini. Ini juga aku kutipkan dari info panitia Kumkum :

Mau tahu jenis sampah dan babe yang bisa dikumpulkan?

a. Sake (sampah kering):

Sampah kertas (Koran, majalah, kertas hvs, brosur, poster, brosur, karton, kardus, amplop, kuitansi, dll).

Sampah plastik (botol atau gelas air kemasan, botol aki, botol bekas minyak goreng, tutup air gallon 19 liter, plastik PP/PE/HD. Kantong kresek tidak termasuk).

Sampah Tetra Pak (kardus bekas minuman kotak atau santan)

Sampah kaleng (bekas minuman, biskuit, sarden/kornet, cat, oli, dll)

b. Babe (barang bekas layak pakai):

Barang apa pun yang masih bagus dan bisa digunakan, seperti baju, celana, sepatu, tas, mainan, alat elektronik, CD/VCD/DVD….Pokoknya apa pun deh, yang masih bisa digunakan!

JGN LUPA BAHWA SAKE TIDAK DICAMPUR DGN BABE. DAN JANGAN LUPA SAKE HARUS DIPISAH BERDASARKAN JENISNYA!

Trus, kemana mengumpulkannya?

Tempat pengumpulan di hari biasa (tp dengan perjanjian):

- Jl.Hang Lekir Raya No. 2 (seberang Resto Manado Beautika, sebelum Univ. Moestopo). Kontak: Moudy di 021- 727 9707, moudyd [at] gmail [dot] com

- WWF-Indonesia, Kantor Taman blok A-9, No. A-1, Kawasan Mega Kuningan. Kontak: Aulia di 0818 863 722, aulia.rahman [at] gmail [dot] com

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight