Blog

Teknologi informasi dan komputasi berkembang sangat cepat sehingga telah melahirkan gaya hidup baru, yaitu gaya hidup hidup modern dan salah satu dampak dari gaya ini adalah menempatkan komputer dan laptop sejenisnya menjadi suatu kebutuhan utama.Sehingga orang mulai rame-rame membeli komputer, keadaan inipun menjadi sangat meriah ketika kita disambut dengan semakin banyaknya perusahaan – perusahaan produsen komputer dan laptop baik itu asing maupun lokal yang masuk dan berlomba-lomba menawarkan produknya di pasaran Indonesia dengan saling mengaku mempunyai teknologi yang terbaru dan tercanggih.
Tentu keadaan ini membingngkan kita sebagai konsumen ketika akan membeli komputer atau laptop baru, sehingga ketrampilan memilih produk yang tepat dan bijaksana mutlak dibutuhkan disini.

Ketika anda ingin membeli komputer atau pc atau laptop baru yang perlu dipertimbangkan adalah dua faktor penting yaitu

Budget yang anda alokasikan.
Tingkat kebutuhan anda akan komputer itu sendiri.
Saya sebenarnya menyarankan anda ketika membeli Home PC belilah secara rakitan karena dengan begitu anda bisa meng-costumize sendiri sesuai kebutuhan anda dan bisa menekan budget, tapi kalaupun tidak bisa di sini saya akan memberikan sedikit tips dalam memilih komponen ketika akan membeli komputer maupun laptop baru. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

1 Memilih Operating System (OS)

Sebenarnya ada 3 OS komputer yang saya tau yaitu Linux, Mac, dan Windows tapi berhubung kebanyakan orang di indonesia termasuk saya adalah pengguna windows jadi saya coba bahas sedikit tentang windows.

Untuk versi windows sendiri yang paling terkenal adalah windows Windows XP, Windows Vista kemudian yang terbaru adalah windows7 (seven) . Kebanyakan ketika bertanya kepada penjual komputer atau laptop. "Bang laptop/komputer mana nih yang paling bagus?" Lalu penjual pun menjawab yang ini pak, bagus sudah bisa windows vista atau sudah pakai seven (Windows 7) itu cuma contoh saja

Tapi pertanyaannya Apakah Windows 7 lebih bagus dari versi-versi sebelumnya? memang dari segi tampilan ya, tapi sayangnya dari segi performance tidak, bahkan saya lebih suka windows XP daripada versi windows yang lebih baru. Karena memang faktanya pc atau laptop yang sudah mendukung vista dan seven harganya biasanya lebih mahal, jadi pilihan di tangan dan dompet anda.

2. Processor atau CPU

Processor atau CPU itu ibarat otaknya komputer, jadi komponen inilah yang tugasnya mikir dan menentukan pintar dan tidaknya komputer anda nantinya. Dan untungnya di indonesia ini cuma ada 2 merek besar yaitu Intel dan AMD, jadi milihnya gak begitu sulit. Kisaran harga processor jaman sekarang adalah 400rb – 2 juta-an

Tips memilih Processor :

Sebelum anda memutuskan untuk memilih merek coba lihat dulu ukuran clock speednya biasanya ditandai dengan satuan GHz dan kisaran processor jaman sekarang antara 1,4 GHz sampai 3,2 GHz.

trus pilih yang mana?

Sebagai patokan saja komputer saya saat ini menggunakan AMD 1,8 GHz dan bagi saya sebagai seorang mahasiswa itu masih cukup nyaman, jadi pilihannya terserah anda dan jgn lupa sesuaikan dengan budget anda.

RAM (Random Access Memory)

Ini adalah memory utama yang ada di dalam komputer atau laptop anda ketika menjalankan program memang kalo dijelaskan secara teori aga sulit, hhh ngeles tapi intinya semakin besar memory (RAM) maka program yang dijalankan akan semakin lancar.

Tips membeli dan memilih RAM

Untuk kebutuhan jaman sekarang saya sarankan anda memilih minimal 1 GB DDR2 yang kira-kira harganya adalah 250 ribu-an namun jika anda menggunakan standar yang lebih besar lebih baik, dan untuk sementara ini komputer saya sendiri menggunakan 2 GB DDR2.

HardDrive (atau Hard Disk)

Perangkat inilah yang menjadi tempat penyimpanan semua file dalam komputer anda kalo standar sekarang berkisar 80 GB sampai 500GB dan kisaran harga hardisk PC antara 400rb sampai 2juta-an.

Sebenarnya anda boleh membeli yang ukuran berapa saja tapi saran saya belilah yang kapasitasnya di bawah 250GB. Lho kenapa ? Saya kuat beli kok. Karena saya yakin kapasitas segitu sudah cukup untuk menyimpan semua file anda, memang anda mau nyimpan apa sih? Saya aja 160GB dari dulu sampai sekarang gak penuh-penuh lagian semakin besar ukurannya semakin mahal harganya, jadi sayang kan, mendingan di tabung.

VGA (Video Graphics Array)

Perangkat ini yang berperan penting dalam memberikan ketajaman warna dan gambar, biasanya standar yang paling sering digunakan adalah 128 M, 256M, dan 512M. Kisaran harganya mulai dari 300rb sampai 3jutaan.

Pertimbangan ketika membeli dan memilih VGA

Jika anda seorang yang berkecimpung di dunia desain grafis dan multi-media saya sarankan pilihlah yang minimal 512 M. Tapi jika anda cuma butuh buat office atau ngetik-ngetik doang 128M sudah cukup. Kalo saya sendiri sih sebenarnya butuhnya cuma buat ngetik, tapi berhubung saya suka nge Game jadi saya beli yang 256M hhh

Semoga bermanfaat !

oleh: Agung Budidoyo

1 komentar:

Obat tradisional asam urat mengatakan...

hmhm begitu Y saya pingin yang bagus tapi apa daya dompet gk nyampe

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight