Arsip

Blog

Pembalakan Liar Ancan Kawasan Hutan Produksi Kalteng

Palangka Raya (ANTARA News) - Pembalakan liar (illegal logging) di Provinsi Kalimantan Tengah yang sudah meredup tahun lalu, kini kembali marak dan mengancam kawasan-kawasan hutan produksi setempat.

"Hutan produksi di Kalteng dalam kondisi waspada pembalakan liar, seiring banyaknya ancaman dari para pembalak yang mulai beraksi lagi," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng Mega Harianto di Palangka Raya, Kamis.

Mega menyebutkan, kawasan-kawasan hutan produksi yang dalam "status quo" atau tak bertuan kini menjadi incaran empuk para pembalak karena ketiadaan pengawasan.

Hutan produksi dalam "status quo" itu biasanya merupakan kawasan yang tidak jelas pengelolaannya setelah ijin Hak Pengusahaan Hutan (HPH) habis masa berlakunya.

Dugaan maraknya kembali aktivitas pembalakan liar itu karena kebutuhan kayu tahun ini yang diprediksi akan melonjak pasca terjadinya kelangkaan kayu setahun lalu. Kondisi tersebut menjadikan sebuah peluang untuk memasok kayu ilegal dalam jumlah besar ke pasaran.... read more

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight