Blog

10 Cara-cara Aneh Mendapatkan Inspirasi Dan Ide

Ada orang yang dengan mudah mendapatkan inspirasi dan ide-ide, ada juga yang harus berupaya keras. Para seniman, penulis, desainer, pencipta dan para pencari inspirasi lainnya biasanya mempunyai cara khas untuk mendapatkan inspirasi-inspirasi untuk karya-karya mereka. Cara-cara tersebut terkadang aneh bagi orang lain tapi merupakan penghasil ide terbaik bagi mereka.

Michael Jackson, misalnya mendapatkan ide-ide lagunya yang menjadi hits dengan bersiul di kamar mandi atau ketika sedang menjawab telepon. Penulis sendiri sering mendapatkan inspirasi ketika menjelang tidur.

Bagaimana dengan Wikmuers? Pasti kalian mempunyai tempat-tempat atau waktu yang spesial untuk mendapatkan inspirasi yang bisa ditambahkan pada daftar di bawah ini. Dan jangan lupa untuk segera mencatat konsep-konsep ide secara garis besar, karena kita mudah untuk lupa.


1. Berjalan jauh
Ada sebagian orang yang merasa harus pergi ke suatu tempat, menyusuri jalan-jalan kota, atau mengadakan perjalanan jauh ke daerah lain hanya untuk mendapatkan inspirasi. Cukup makan biaya dan tenaga, tapi demi ide-ide terpaksa dilakoni.


2. Meditasi
Duduk dengan tenang sambil mengatur nafas dan memejamkan mata. Kosongkan pikiran kemudian tunggu inspirasi datang dengan sendirinya. Ada yang menyukai meditasi di dalam kamar di tengah malam. Atau mungkin tempat aneh seperti di kuburan, atau nangkring di atas pohon.


3. WC
Kamar kecil (WC) umumnya menjadi tempat favorit sebagian pencari inspirasi. Waktu yang luang sambil melamun membuka kesempatan ide-ide “gila” untuk mampir. Jangan lupa sediakan kertas kecil dan pen untuk mencatat garis besar ide sebelum Anda terlupa setelah rasa lega sudah diperoleh


4. Kamar mandi
Saat air tercurah dari shower atau sambil mengusapkan sabun ke badan dan menyanyi atau bersiul, inspirasi bisa mampir di kepala. Situasi seperti ini cukup sulit untuk mencatat ide-ide yang muncul.


5. Ruang Tunggu
Anda harus membawa kertas dan ballpoint ke mana-mana. Mungkin pada saat antri di bank atau ruang tunggu dokter sambil melihat tingkah laku orang lain, inspirasi bisa tiba-tiba muncul.


6. Mal
Produk-produk yang dipajang, para pengunjung yang hilir mudik, kegiatan-kegiatan sosial di hall, dan mungkin di saat menunggu film favorit Anda, inspirasi bisa saja tiba-tiba lewat. Cobalah Anda menangkapnya.


7. Nguping
Pekerjaan ini mungkin kurang sopan atau mungkin kurang ajar. Tapi demi sebuah ide kenapa tidak? Ambil saja posisi yang dekat dengan sumber pembicaraan, pasang telinga baik-baik sambil pura-pura sibuk membaca misalnya. Selipkan kertas catatan kecil dan pulpen di dalam buku itu. Rasanya kayak kegiatan spionase, ya?


8. Di atas tempat tidur
Ada orang yang mencari inspirasi dari mimpi-mimpi. Agar tidak kehilangan ide, segera catat ketika Anda terbangun. Atau ada yang mendapatkannya ketika hampir tertidur, dan ini pun harus segera dicatat karena Anda akan terlupa ketika terbangun esok harinya.


9. Iklan TV
Iklan di TV menampilkan gambar-gambar yang indah, variatif dan penuh gerak. Ini bisa memacu sel-sel kelabu di otak kita untuk bekerja giat. Cobalah cari inspirasi dari setiap iklan.


10. Di dalam angkutan umum
Penumpang yang beragam dan silih berganti dengan percakapan-percakapannya yang penuh inspiratif mungkin bisa menjadi sumber-sumber ide tak kering-kering. Catat dan jadikan sebuah karya menarik.


Masih banyak cara aneh bahkan “gila” untuk mendapatkan inspirasi, misalnya ketika menghadiri pemakaman, atau bertemu dan berbicara dengan orang gila beneran (contohnya adalah tulisan di Wikimu berjudul Bertemu “John Lennon”, oleh Meidy – maaf, Mba minta izin untuk dijadikan contoh).

oleh: Anwariansyah

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight