Blog

Indonesia Maritim (1)

Sektor kelautan dapat dikatakan hampir tak tersentuh, meski kenyataannya sumber daya kelautan dan perikanan yang dimiliki oleh Indonesia sangat beragam, baik jenis dan potensinya. Potensi sumberdaya tersebut terdiri dari sumberdaya yang dapat diperbaharui, seperti sumberdaya perikanan, baik perikanan tangkap maupun budidaya laut dan pantai, energi non konvensional dan energi serta sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui seperti sumberdaya minyak dan gas bumi dan berbagai jenis mineral. Selain dua jenis sumberdaya tersebut, juga terdapat berbagai macam jasa lingkungan lautan yang dapat dikembangkan untuk pembangunan kelautan dan perikanan seperti pariwisata bahari, industri maritim, jasa angkutan dan sebagainya.

Posisi Antara Dua Samudera
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau Republik Indonesia (RI) adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di kawasan Asia Tenggara, melintang di khatuistiwa antara benua Asia dan Australia serta antara samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Indonesia di sebut juga sebagai Nusantara (Kepulauan Antara) yang terdiri dari 17.504 pulau besar dan kecil, sekitar 6.000 diantaranya tidak berpenghuni.

Indonesia berbatasan dengan Malaysia di pulau Kalimantan, berbatasan dengan Papua Nugini di pulau Papua dan berbatasan dengan TimorLeste di pulau Timor.

Jalur komunikasi Laut antara dua samudera besar di dunia membuat kududukan Indonesia di dunia secara geografis cukup penting, dengan kata lain transportasi Laut antara kedua samudera melewati kepulauan Indonesia. Dan secara Oseanografis, arus dan pertukaran massa air antara dua samudera ini juga melewati perairan Indonesia.

Kepulauan Indonesia juga adalah kawasan yang banyak memiliki Gunung Laut (seamount) dengan fenomena bawah Laut yang menganggumkan. Lereng Gunung Laut adalah tempat yang baik bagi kehidupan berbagai organisme karang yang merupakan tempat habitat yang subur.

Dari sudut pandang tektonik dunia, Kepulauan Indonesia merupakan hasil interaksi dari tiga lempeng kerak Bumi yang utama, yaitu Lempeng Asia, Lempeng Samudera Hindia-Australia dan Lempeng Samudera Pasifik. Kondisi tersebut memberikan Kepulauan Indonesia sumberdaya alam yang beraneka ragam, dan demikian pula dengan sumber bencananya, tidak kalah variasinya.
Interaksi subduksi antar lempeng menyebabkan Kepulauan Indonesia kaya akan gunungapi dan sering mengalami guncangan gempa.

Energi pasang Surut dan gelombang
Indonesia merupakan negara kepulauan di daerah katulistiwa yang dikelilingi oleh sejumlah lautan dengan potensi sumberdaya energi kelautan cukup besar termasuk di antaranya energi pasang surut.

Daya total dari gelombang pecah di garis pantai dunia diperkirakan mencapai 2 hingga 3 juta megawatt. Pada tempat-tempat tertentu yang kondisinya sangat bagus, kerapatan energi gelombang dapat mencapai harga rata-rata 65 megawatt per mil garis pantai.

Lebih dari dua pertiganya Kepulauan Indonesia adalah lautan, hal ini menjadikan perairan Indonesia sebagai pengumpul sinar matahari yang baik. Perbedaan temperatur ini menyimpan energi panas/termal.

Transportasi Laut
Transportasi laut adalah kebutuhan Esensial bagi Indonesia yang adalah negara kepulauan. Hubungan Antar pulau hanya bisa terwujud dengan baik bila ada transportasi Laut walaupun transportasi udara menjadi alternatif. Transportasi Luat digunakan mengangkut barang dan penumpang.

Untuk melayani transportasi Laut, Indonesia saat ini memiliki 1.724 pelabuhan dan armada 9.456 unit (data tahun 2006) yang terdiri dari armada Nasional 7.128 unit dan armada asing 2.328 unit. Selama tiga tahun armada Nasional berkembang secara significan sementara armada asing tetap.

Industri Garam
Adalah suatu fakta yang ironis bahwa indonesia sebagai negara maritim, kepulauan yang terletak di daerah tropis, ternyata salah satu negara pengimpor garam terbesar di dunia.

Industri Bioteknologi Indonesia

Keanekaragaman sumber daya hayati laut Indonesia merupakan modal dasar untuk penerapan bioteknologi kelautan. Perkembangan bioteknologi di Indonesia selama ini lebih memberikan penekanan kepada bioteknologi pertanian, industri dan kedokteran. Tampaknya penerapan bioteknologi terhadap sumber daya hayati laut belum mendapat perhatian, sedangkan prospek pengembangannya sangat potensial di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight