Blog

Speedy 2009

Bulan April 2009 Telkom meluncurkan paket Speedy baru menggantikan paket lama. 7 Paket baru dengan 2 paket Time Based, 2 paket Semi Unlimited dan 3 paket Unlimited, masing-masing dengan kecepatan berbeda. Telkom juga menetapkan tariff harga murah yang berlaku sampai September 2009. Bulan berikutnya belum diketahui harga berubah atau tetap. Paket baru ini baru bisa dipakai di Jabodetabek, Bandung dan beberapa kota lain di Jawa Barat.

7 Paket baru itu antara lain:

  1. Speedy Time Based 15 jam kecepatan up to 1 Mbps, saya lupa harganya.
  2. Speedy Time Based 50 jam kecepatan up to 1 Mbps, saya juga lupa harganya :p
  3. Speedy Semi Unlimited Family, up to 384 kbps, up load 96 kbps, Quota 3GB, pemakaian lebih dari 3GB kecepatan turun jadi 128 kbps. Harga promo Rp 125.000.
  4. Speedy Semi Unlimited Load, up to 512 kbps, up load 128 kbps, Quota 3GB, pemakaian lebih dari 3GB kecepatan turun jadi 128 kbps. Harga promo Rp 176.000.
  5. Speedy Unlimited Game, up to 1 Mbps, harga promo Rp 330.000.
  6. Speedy Unlimited Executive, up to 2 Mbps, harga promo Rp 645.000.
  7. Speedy Unlimited Biz, up to 3 Mbps, harga promo Rp 900.000.

Semua tariff di atas belum termasuk ppn 10%.

Hari Sabtu tgl 4 April saya datang ke kantor Telkom untuk ganti paket lama ke paket baru, karena memang tidak bisa ganti paket lewat internet atau telepon. Ini tidak praktis tapi saya langsung maklum karena mereka harus menyimpan bukti yang diarsipkan soal pemakaian baru dan penggantian paket, fotokopi ktp pelanggan, tanda tangan pelanggan dan meterai Rp 6.000 satu lembar. Semuanya berjalan lancar walau agak lama agar jangan sampai terjadi kesalahan atau ketidak mengertian pelanggan. Karena hari Sabtu sepi, cuma butuh waktu kira-kira 20 menit dan sekitar jam 8.40 pagi prosesnya selesai.

Saya tes internet jam 10 pagi paket sudah ganti, hasil test kecepatan bandwidth sekitar 700 kbps dan download 80an kbps, lebih tinggi dari yang ditawarkan. Tapi saya pikir mungkin karena hari Sabtu banyak kantor libur dan orang tidak banyak pakai internet di hari Sabtu/Minggu/libur. Jadi saya tidak akan heran kalau hari Senin – Jumat kecepatan turun drastis, sebab saat hari dan jam kantor banyak pemakaian internet. Dan waktu melihat info pemakaian, paket memang sudah ganti jadi Unlimited tapi jumlah pemakaian 4 hari pertama tetap dihitung.

Proses ganti paket lama ke paket baru ini juga menyebabkan tagihan yang harus saya bayar bulan depan berbeda. Selain harus cash sambil membawa formulir dan bukti penggantian, juga lebih besar dari karena masih ada sisa pemakaian dari paket lama ditambah pemakaian paket baru. Tapi hanya sekali dan bulan-bulan berikutnya saya bayar tagihan sesuai tariff dan sudah bisa lewat atm atau internet.

Jelasnya seperti ini:

  1. Saya pakai paket lama selama 4 hari (1-4 April) dibagi 30 hari dikali tagihan paket lama. Contoh: 4/30 x Rp 200.000 = Rp 26.666
  2. Selisih pemakaian selama 4 hari (1-4 April) dibagi 30 hari dikali Quota paket lama. Contoh: 4/30 x 1024MB (paket 1GB) = 136
  3. Jumlah pemakaian paket lama selama 4 hari dikurangi hasil perhitungan 2a dikali Rp 500. Contoh: Selama 4 hari telah terpakai 246,03MB dibulatkan ke atas jadi 247 dikurangi 136 dikali Rp 500 ? 247 – 136 = 111 x Rp 500 = Rp 55.500
  4. Selisih pemakaian paket baru 27 hari (4-30 April) dibagi 30 hari dikali tagihan paket baru. Contoh: 27/30 x Rp 176.000 = Rp 158.400 (Tanggal 4 April juga ikut dihitung jadi total 27 hari, bukan 26 hari).

Semua tagihan di atas total Rp 240.566 ditambah ppn 10% jadi Rp 267.622.

Untuk sementara saya cukup puas dan senang karena bisa pakai internet tanpa batas walau pasti agak lambat tapi harga yang dibayar jauh lebih murah dari paket lama – kecuali bayaran pertama. Berdasar pengalaman sebelumnya, saya tidak berharap terlalu tinggi dengan kualitas internet yang diberikan Speedy baru.

Walau ada provider lain yang memberi paket lebih bagus dan harga tidak beda jauh, sayangnya ada yang prosesnya rumit atau hanya ada di lokasi tertentu. Fastnet dan Indosat IM2 sebagai 2 contoh. Jadi untuk saya pilihan hanya satu: Telkom dengan harapan kualitas internet dan harga sebanding dengan hasil yang didapat.

heri_spica

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight