Blog

Perpustakaan Ideal Untuk Literasi

Ayo gemar membaca!..sebuah slogan yang sering banget saya dengar. Berisi ajakan kepada masyarakat luas untuk gemar membaca, mencintai membaca, dan mungkin bertujuan untuk meningkatkan kualitas intelektual kalangan banyak. Slogannya memang tepat, akan tetapi benarkah perangkat pendukungnya telah memadai?

Salah satu perangkat pendukung terbesar adalah perpustakaan. Perpustakaan sebenarnya telah merepresentasikan diri sebagai agen literasi masyarakat. Sebagai agen literasi tentunya perpustakaan harus menjadi bagian hidup orang banyak. Gedung yang nyaman, fasilitas yang memadai, koleksi yang lengkap, pengelola yang berkompeten, terus juga pengelolaan perpustakaan yang bagus. Namun kenyataannya kok masih belum semestinya. Dugaan saya pasti ada yang kurang dengan pengelolaan perpustakaan. Entah itu gedungnya, pengelolanya, koleksinya, sampai kepada kebijakan tentang perpustakaan itu sendiri.

Benarkah demikian?

Jika demikian halnya, bagaimanakah perpustakaan yang ideal menurut anda? Bagaimanakah sejatinya perpustakaan yang bisa menjadi motor literasi masyarakat Indonesia?

Mohon berikan komentar anda.

oleh: Fatkhurrokhman

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight