Blog

Klasifikasi Tipe Penulis di Wikimu, Anda Termasuk yang Mana?

Tulisan ini adalah hasil observasi saya selama menjadi anggota Wikimu, dengan mengamat-amati setiap gaya tulisan yang muncul setiap harinya. Maunya mengomentari semua penulis yang sering nampang di kolom “anggota favorit” atau “yang paling berguna” atau “yang paling banyak dilihat”, namun karena takut menimbulkan efek tidak mengenakkan, maka dibuat berupa klasifikasi tipe penulis seperti ini.

Klasifikasi ini barangkali tidak lengkap, namun paling tidak mewakili sebagian besar atau mungkin keseluruhan penulis yang pernah tampil di Wikimu. Setiap penulis mungkin saja bertipe banyak atau diklasifikasikan dalam lebih dari satu tipe.

Bagi Wikimuers yang merasa termasuk dalam salah satu tipe, jangan lantas merasa tersindir, karena tulisan ini semata-mata karena saya kurang kerjaan memata-matai anda semua. Jadi maklum sajalah.



1.Tipe Jentelmen

Ciri khas penulis bertipe ini adalah mengakui dengan jujur kesalahannya, dengan mengucapkan permintaan maaf atas kekeliruan yang telah dibuat, baik isi tulisan maupun komentarnya. Dia juga tidak lupa mengucapkan terimakasih atas partisipasi pembacanya, dan sering memberikan apresiasi positif terhadap mereka.

Gaya positif seperti ini disukai banyak orang, tapi juga membosankan. Sebagian besar penulis mencoba bergaya seperti ini, tapi biasanya terjebak juga dan menjadi kehilangan kendali, terutama saat serangan bertubi-tubi berupa kritik-kritik pedas menghujami tulisannya.



2.Tipe Elvis

Tipe penulis ini bak artis terkenal yang mengundurkan diri ketika berada di puncak popularitasnya. Seperti Elvis Presley yang bunuh diri ketika penggemarnya bertambah banyak dan tergila-gila padanya.

Beberapa tulisannya selalu masuk kategori “paling berguna”, atau “paling banyak dilihat” dalam jangka waktu yang lama. Namun entah karena ingin tetap dikenang sebagai pemenang, atau memang sudah kehabisan ide untuk menulis, dia tiba-tiba sangat jarang atau tidak pernah lagi mengirimkan tulisan-tulisannya.



3.Tipe Pengebom

Penulis tipe ini terdaftar sebagai anggota resmi, tetapi seperti pengebom, dia hanya meninggalkan tulisannya tanpa pernah mengusiknya lagi, alias membiarkan komentar-komentar tanpa memberikan tanggapan balik. Diamatinya reaksi pembacanya – korban-korbannya – tapi hanya mendiamkannya sambil mempersiapkan bom lainnya.



4.Tipe Spesialis

Penulis tipe ini bergaya seperti pakar. Setiap tulisannya adalah menunjukkan jati dirinya sebagai seorang yang menguasai bidangnya. Namun harus diakui kalau tipe ini memang ahli, dan biasanya tulisannya berkaitan erat dengan bidang pekerjaannya, hobi tertentu yang digelutinya atau organisasi yang dipimpinnya. Penulis bertipe ini juga biasanya termasuk bertipe maniak.



5.Tipe Penyelundup

Tipe ini tidak pernah terdaftar secara resmi, bahkan identitasnya pun seringkali palsu. Namun karena di Wikimu diperbolehkan bagi siapa saja untuk memberikan kontribusi komentar, termasuk yang tidak menjadi anggota resmi, maka dia sah-sah saja untuk sesekali berpartisipasi. Tapi disebabkan gayanya seperti penyelundup, dia bisa dengan mudah menghilang dan kemudian muncul lagi, mungkin dengan identitas yang lain.



6.Tipe Kritikus

Tulisannya umumnya berisi kritik, baik mengkritisi penguasa, perilaku orang lain atau tulisan lain. Tipe ini paling bisa mencari-cari kesalahan dan kekurangan orang lain, sehingga sering mendapatkan balasan berupa komentar-komentar dari orang yang dikritik atau simpatisannya. Tipe kritikus biasanya kecanduan untuk mengkritik, sehingga kalau dia tidak begitu rajin menulis, dia akan menjadi komentator yang sangat kritis.



7.Tipe Tuan Rumah

Penulis tipe ini seperti seorang tuan rumah, sesekali “say hello” atau memberikan komentar singkat kepada obrolan para tamunya, sambil berkeliling ruangan, atau membuat sebuah cerita seru, kemudian meninggalkan tamunya sibuk berdebat sementara dia mengamati perilaku mereka. Dia sangat menikmati pesta yang diselenggarakannya, dan senang kalau banyak tamu yang datang dan ikut menikmatinya juga.



8.Tipe Novelis

Tipe ini terlihat dari tulisannya, yang sebagian besar bertutur atau bercerita. Dengan memakai gaya penulisan kejadian sehari-hari atau pengalaman teman-temannya. Tokoh cerita sering disamarkan sebagai orang lain, padahal itu adalah dirinya sendiri, atau tokoh khayalan dengan cerita fiksi yang dibuat seakan-akan kenyataan yang terjadi atas dirinya. Penggemar tipe ini biasanya juga penggemar novel.



9.Tipe Momentum

Penulis even atau penulis yang aktif di saat momen tertentu saja. Kemungkinan karena ada misi tertentu, atau juga hanya mood menulis dikarenakan suatu peristiwa yang disukainya. Ada penulis tipe ini yang hanya muncul di saat peristiwa politik yang heboh sedang terjadi, atau menulis untuk menanggapi sebuah tulisan yang sedang menarik minatnya, karena tidak merasa cukup dengan hanya memberikan komentar saja, dia akhirnya menuangkan ide-idenya dalam bentuk tulisan.



10. Tipe Maniak

Tipe ini bisa dibedakan dengan jelas dari tipe spesialis, karena tulisannya multi tema alias menulis apa saja. Tidak serupa dengan tipe momentum, karena dia akan menulis kapan saja tanpa kenal momen atau even apa pun, dan jauh dari tipe elvis karena tipe maniak tidak mengenal kata akhir dalam menulis.

Tipe ini tidak akan merasa tahan kalau tidak menulis satu hari saja. Dia biasanya merasa “hampa” apabila melihat pada laman utama tidak tercantum tulisannya. Yang lebih parah lagi, dia akan merasakan “demam” kalau namanya atau fotonya tidak tercantum, minimal pada bagian kolom “anggota favorit”. Tipe ini adalah yang paling disukai oleh Admin Wikimu, seperti tipe spesialis yang biasanya tidak pernah absen menulis.


Kalau masih ada tipe lain silakan saja disebutkan untuk menambah lengkap klasifikasi ini. Salam Wikimuers.

oleh: Anwariansyah

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight