Blog

Melatih Anak Berkomunikasi

Melatih seorang anak sejak kecil untuk berkomunikasi adalah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan dan kepribadian sang anak.

Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak juga dapat membangun hubungan yang dekat dan sehingga anak memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami orang lain sehingga mereka dapat berinteraksi dengan lingkungannya.

Ada beberapa cara yang dapat melatih anak berkomunikasi, seperti dibawah ini:

* Berikan contoh yang baik agar anak meniru bagaimana cara berbahasa yang baik dan jelas untuk mengungkapkan apa yang ingin dikatakannya.

* Mengajak anak untuk bercerita atau mendongeng dengan kata-kata yang mudah di mengerti,juga bisa melatih komunikasi yang baik untuk mereka.

* Jangan memotong pembicaraan anak bila sedang bercerita, dengarkanlah dulu apa yang ingin disampaikannya, dengan begitu anak merasa ucapannya didengar dan dihargai sehingga mereka merasa senahg untuk selalu bicara.

* Melatih anak belajar bicara di depan umum, misal: berpidato didepan kelas, membaca puisi,bercerita atau menyanyi dapat memberikan mereka rasa percaya diri sehingga tidak malu atau ragu untuk mengungkapkan sesuatu.

* Anak yang suka bertanya adalah anak cerdas yang ingin tahu segala hal. Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus selalu menjawab setiap pertanyaan anak dengan jelas dan bahasa yang dapat mereka mengerti, jangan mengacuhkannya, karena hal tersebut membuat anak menjadi malas bertanya sehingga berkurang pengetahuan dan wawasannya.

* Lingkungan rumah, sekolah dan teman-temannnya juga dapat membuat anak meniru kata kata yang kasar dan tidak sopan karena itu orang tua harus memberikan penjelasan dan perhatian agar anak mengerti bahasa yang pantas diucapkan dan yang tidak.

by Mutiara Octavia

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight