Blog

Lomba Menulis Cerita Kepanduan Asia-Pasifik

Biro Kepanduan Asia-Pasifik menyelenggarakan lomba menulis cerita dengan tema "Scouts are making a difference" (Kepanduan membuat perbedaan). Lomba ini bertujuan untuk mengajak siapa pun yang menjadi anggota organisasi kepanduan di negaranya - yang kalau di Indonesia bernama Gerakan Pramuka - untuk menceritakan bagaimana kepanduan melalui aktivitasnya telah membuat perbedaan yang lebih baik pada diri anggota itu dan masyarakat di sekitarnya.

Perbedaan lebih baik yang diperoleh anggota kepanduan dan masyarakat di sekitarnya, bercermin pada nilai-nilai dan kode kehormatan kepanduan, yang mendidik para anggotanya untuk bertakwa kepada Tuhan YME, siap membela dan membangun negara masing-masing, menolong sesama hidup, dan mengembangkan persahabatan dan persaudaraan seluas dunia, tanpa memandang latar belakang agama, suku bangsa, dan kelas sosial ekonomi seseorang.

Lomba terbuka bagi para peserta didik maupun anggota dewasa yang terdaftar sebagai anggota organisasi kepanduan di negara masing-masing. Tulisan bisa berupa pengalaman dalam aktivitas kepanduan, maupun pengalaman pribadi yang sedikit banyak dilatarbelakangi oleh pendidikan yang diperoleh dalam latihan-latihan kepanduan.

Tulisan sedapat mungkin menceritakan bagaimana kepanduan telah berhasil membuat perbedaan ke arah yang lebih positif. Baik bagi diri si penulis maupun bagi keluarga dan masyarakat luas.

Tulisan ditulis sekitar 500 kata dan harus menggunakan Bahasa Inggris. Bila kemampuan berbahasa Inggris kurang memadai, penulis dapat menulis dalam Bahasa Indonesia dulu, lalu meminta bantuan orangtua, guru, kenalan, atau siapa saja yang mau membantu menerjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Namun yang penting, tulisan itu asli karya si penulis. Selain tulisan asli, maka tulisan yang diikutsertakan dalam lomba ini, harus belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Setiap tulisan harus didampingi ilustrasi berupa paling sedikit 3 (tiga) buah foto dengan resolusi tinggi (dianjurkan minimal 200 pixels atau lebih). Foto-foto itu harus benar-benar berhubungan dengan tulisan yang dibuat. Tulisan dan foto yang sudah disiapkan dikirim bersama scan kartu anggota Gerakan Pramuka atau surat pengantar dari pangkalan (gugusdepan atau satuan karya) masing-masing ke: asia-pacific@scout.org, dengan tembusan (cc) ke: kwarnas.humas@yahoo.co.id dan kwarnas@pramuka.or.id. Di bagian subjek e-mail dituliskan: "Storytelling Contest".

Hadiahnya lumayan, lho. Untuk sang penulis yang menjadi juara akan mendapatkan hadiah US$ 300 (sekitar Rp 3 juta) dan bila tulisan itu menceritakan mengenai aktivitas si penulis di gugusdepannya, maka gugusdepannya juga akan mendapatkan hadiah US$ 200. Tulisan yang masuk pada bulan Maret, April, dan Mei 2010, akan dinilai dan diumumkan pada Pertemuan Pemimpin Kepanduan Asia-Pasifik di Bangalore, India, 27 Juni 2010. Jadi, ayo cepat kirim!

oleh: Berthold Sinaulan

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight