Blog

Mengenal Museum Sejak Usia Dini

Keberadaan kita sekarang ini tak lepas dari perjuangan dan tatanan kehidupan dari pendahulu kita yang pada saat itu sudah memiliki berbagai adat budaya dan sejarah yang pada saat ini kita lihat dan merupakan kebanggaan bagi kita. Indonesia yang terdiri dari berbagai etnis (suku) membuat kebudayaannya beragam pula, banyaknya budaya dan tradisi masing-masing etinis tentunya sangat memiliki nilai penting dan merupakan kekayaan budaya. Oleh sebab itu kita hendaknya dapat menjaga dan melestarikan budaya peninggalan nenek moyang kita dan kita juga harus mengetahui berbagai sejarah yang ada di lingkungan kita.

Pada perkembangan jaman saat ini yang semuanya mengandalkan dunia teknologi tentunya akan meninggalkan sejarah dan budaya yang kita miliki karena masih dianggap kuno dan tidak memberikan keuntungan bagi pribadi masing-masing orang. Untuk dapat melestarikan budaya kita tentunya kita harus proaktif baik kalangan masyarakat umum dan dunia pendidikan khususnya. Kita harus memperkenalkan dan mengajarkan berbagai budaya kita kepada keturunan kita mulai dari kecil agar mereka dapat mencintai budayanya. Sekolah-sekolah saat ini mulai dari tingkat TK (taman kanak-kanak) sampai ke perguruan tinggi dituntut untuk giat belajar sejarah budaya agar mengenal jati diri mereka. Pengetahuan tentang budaya dan sejarah dapat kita pelajari mulai dari apa yang ada disekitar kita dan adanya berbagai situs yang terletak pada daerah-daerah tertentu.

Jika kita tidak dapat menjangkau lokasi tempat benda-benda sejarah (situs) oleh karena biaya yang mahal maka kita dapat mempelajarinya di berbagai museum yang telah ada di lingkungan kita masing-masing. Museum telah menyediakan dan menyajikan berbagai koleksi dan benda sejarah yang ada tersebar diberbagai tempat di daerah tersebut sehingga memudahkan kita untuk mempelajarinya dan melihat lebih dekat agar kita dapat mengenal budaya dan benda sejarah yang sangat bernilai penting.

Dalam hal ini para orangtu diharapkan lebih proaktif menuntun anak-anaknya mulai dari taman kanak-kanak, SD s/d SMU untuk dapat berkunjung ke museum agar lebih dekat dan mengenal museum sehingga nantinya mereka dapat menghargai budayanya sendiri.

oleh: Biliater Situngkir

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

:Wikimu - bisa-bisanya kita.../ Gelang merah untuk anak Indonesia

Bening CS© 2011 Design by Insight